Tips Mudik Naik Motor Terlengkap Lebaran 2022 Insha Allah Aman dan Nyaman Selamat Sampai Tujuan

Tips mudik lebaran lengkap naik motor aman dan nyaman

Mudik menggunakan sepeda  motor menjadi pilihan banyak orang karena murah meriah dan lebih fleksible menghadapi kemacetan lalu lintas mudik dan arus balik. Tapi jangan salah, jika kurang persiapan dan tidak hati-hati bisa berakibat fatal. Karena perjalanan mudik menuntut kesiapan matang berkendara jarak jauh yang tentunya melelahkan.

Untuk itu perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan cermat untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dan sampai tujuan dengan selamat. Berlebaran berkumpul dengan keluarga. Berikut tips mudik naik sepeda motor terlengkap untuk keamanan dan kenyamanan anda :

Persiapan mental.
Persiapan mental sebelum mudik mengendarai sepeda motor.
Persiapan mental sebelum mudik mengendarai sepeda motor.
Harus diakui, menjelang lebaran akan membuat banyak hal yang anda pikirkan. Baju lebaran anak-anak, tidak mendapat tiket hingga harus naik motor, persiapan keuangan, oleh-oleh keluarga, terburu-buru, dan masih banyak lagi. Sering hal-hal tersebut membuat anda tegang, tidak konsen, atau bahkan stress.

Memang tidak mudah, tapi sebisanya anda hindari ketegangan-ketegangan pikiran anda. Karena berkendara, apalagi menggunakan sepeda motor, membutuhkan ketenangan dan fokus. Jangan sampai anda berkendara mudik dengan terburu-buru dan tidak konsen karena memikirkan hal-hal diatas. 

Jadi, siapkan mental anda baik-baik sebelum mudik naik motor. Rileks, dan berdoa.
Oya jangan lupa, untuk menghindari keburu-buruan, lakukan persiapan mudik secara bertahap, dan terencana, jangan mendadak.

Persiapkan motor.
Service motor, ganti onderdil yang perlu diganti sebelum berangkat mudik.
Tips mudik selanjutnya adalah masalah kesiapan tunggangan anda, Ini sangat vital saat anda memutuskan mudik menggunakan sepeda motor. Jangan anggap remeh walaupun seandainya motor anda masih baru. Tetap perlu dicek semua bagian-bagian vital dari motor anda berikut ini :

  1. Cek kondisi ban motor. Apakah masih layak untuk menempuh jarak jauh? Kalau anda ragu dengan kondisi ban motor anda, lebih baik belikan ban baru demi keselamatan.
  2. Cek rem depan dan belakang. Jika kondisi kanpas rem meragukan, labih baik belikan yang baru untuk mengurangi resiko.
  3. Ganti oli. Akan lebih baik jika anda ganti oli mesin, oli rem dan oli gardan sekalian. Tidak seberapa kok, tapi mending motor dalam performa maksimal saat digunakan perjalanan mudik jarak jauh.
  4. Periksa lampu dan busi. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik. Busi, lebih baik diganti juga, 20 ribu untuk busi baru demi kenyamanan.
  5. Karet CVT. Jika motor anda matic, disarankan cek di bengkel tingkat keausan karet CVT. Atau cek kilometer anda. Biasanya karet CVT harus diganti setiap 24.000km. Sangat berbahaya jika karet putus dijalan karena lama anda tidak cek.
Kesiapan motor yang lain, silahkan bawa ke bengkel terpercaya anda.

Persiapkan fisik.

Mudik menggunakan sepeda motor menuntut stamina prima.
Istirahat yang cukup sebelum hari H anda mudik. Penting juga untuk menghindari minum obat-obatan yang membuat anda ngantuk dan lemah. Persiapan mudik secara bertahap, dan terencana lebih memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan cukup istirahat sebelum berkendara mudik dengan sepeda motor jarak jauh.

Persiapkan peralatan dan hal penting lainnya.

Kesiapan peralatan surat surat kendaraan handhone helm dll mudik naik motor
Buatlah data checklist untuk mendata semua perlengkapan dan peralatan untuk dicek satu persatu sebelum mudik menggunakan sepeda motor. Jangan ada yang tertinggal atau lupa dicatat.
  1. Ceklist. Buatlah checklist (daftar periksa) apa saja yang harus anda persiapkan dan bawa berkendara.
  2. Surat-surat. Jangan lupa cek kelengkapan surat-surat dan identitas anda. SIM, STNK, KTP, ATM, dll, jangan sampai ketinggalan karena terburu-buru.
  3. Handphone. Jangan lupa smartphone anda karena bisa berguna untuk komunikasi dan penunjuk jalan jika anda familiar menggunakan GPS. Simpan handphone anda di tempat yang mudah terjangkau.
  4. Power bank. Jangan lupa bawa power bank dalam kondisi full. Untuk jaga-jaga jika baterai handphone drop dan anda perlu melakukan sesuatu yang urgent menggunakan handphone.
  5. Helm. Ini hal wajib juga untuk tips mudik aman. Kenakan helm standard SNI maupun fullface.
  6. Masker. Gunakan masker untuk melindungi pernafasan anda selama perjalanan mudik lebaran.
  7. Jaket. Gunakan jaket, dan diutamakan jaket yang memiliki bagian lapisan fosfor. Agar lebih aman saat berkendara di malam hari.
  8. Sepatu. Gunakan sepatu untuk memudahkan pengoperasian gigi perseneling.
  9. Sarung tangan. Gunakan sarung tangan untuk menghindari kram jika udara malam terasa sangat dingin.
  10. Jas hujan. Siapkan jas hujan di jok sepeda motor anda untuk mengantisipasi turun hujan saat perjalanan mudik.
  11. Peralatan. Pastikan tersimpan kunci-kunci peralatan seperti kunci busi, kunci pas, dll di jok motor anda.
  12. Uang Cash. Perhitungkan berapa estimasi kebutuhan uang selama perjalanan. Dan sediakan dalam bentuk cash. Agar tidak repot harus berhenti beberaa kali di mesin ATM. Apalagi di masa lebaran sangat mungkin terjadi ATM kosong terlambat diisi oleh pihak bank karena frekuensi penarikan tunai yang tinggi selama lebaran.
  13. Beristirahat. Saat berkendara naik motor jarak jauh untuk mudik lebaran, jangan paksakan saat merasakan kelelahan dan mengantuk. Carilah tempat istirahat segera untuk memulihkan stamina. Biasanya banyak posko mudik di tepi jalan selama hari-hari menjelang dan setelah lebaran.

Hal yang wajib dihindari saat mudik menggunakan sepeda motor :

Hal-hal yang harus dihindari kalau mudik menggunakan sepeda motor
Hal-hal yang harus anda hindari jika mudik menggunakan sepeda motor.

Selain kesiapan-kesiapan dari tips aman mudik naik motor yang sudah disebutkan diatas, berikut hal-hal yang wajib dihindari jika anda ingin mudik naik motor : 

1. Berboncengan lebih dari 1.
Mengendarai sepeda motor dengan lebih dari 1 pebonceng sangat riskan. Ada baiknya maksimal anda hanya membocengkan 1 orang saja. Kecuali anak-anak atau balita.

2. Tidak mengenakan helm, jaket, masker, sepatu.
Helm, jaket, sepatu, dan masker merupakan piranti wajib buat anda dan pebonceng motor untuk perjalanan jauh mudik menggunakan motor. Semua untuk keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

3. Tidak istirahat.
Memaksakan untuk tetap berkendara saat tubuh kelelahan apalagi mengantuk, sangat beresiko. Pastikan anda segera menepi dan beristirahan untuk mengembalikan stamina. Jika letih sekali dan butuh memejamkan mata sejenak, sebaiknya mamir di Masjid. Tapi pastikan saat anda tidur, istri atau pebonceng anda tetap terjaga, untuk menjaga barang-barang bawaan dan motor anda tetap aman.

4. Memodifikasi motor.
Motor dengan modifikasi yang berlebihan sebaiknya dihindari. Karena untuk jarak tempuh yang jauh, kita tidak pernah tahu modifikasi tersebut berpengaruh atau tidak dengan kinerja motor anda. Jangan sampai modifikasi yang anda lakukan pada motor menjadi permasalahan serius di tengah perjalanan.

5. Membawa barang berlebihan.
Kendaraan motor bukan mobil yang bisa menampung barang bawaan banyak. Membawa barang dengan mobil saja ada aturannya apalagi sepeda motor. Bawa barang secukupnya saja. Jika ingin lebih aman, gunakan box yang diletakkan di belakang motor.

6. Menggunakan handphone saat berkendara.
Dalam berkendara sehari-hari pun, kebiasaan ini wajib dihindari. apalagi saat anda mudik menggunakan sepeda motor. Pastikan anda menepi jika ada panggilan masuk atau ingin sekedar mengecek pesan-pesan di handphone anda.

7. Melanggar lalu lintas.
Hindari meremehkan rambu-rambu lalu lintas. Pastikan anda memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas untuk menghindari kecelakaan.

8. Kecepatan tinggi.
Gunakan kecepatan yang wajar walaupun melewati jalan yang lengang. Kecepatan terlalu tinggi mengurangi kendali anda pada motor apalagi dengan bawaan mudik yang lain dibandingkan saat berkendara sehari-hari. Jadi, lebih baik berhati-hati, jangan ngebut!

9. Tidak tahu rute atau jalur yang hendak ditempuh.
Jika anda belum terlalu hafal rute perjalanan ke daerah yang anda tuju, ada baiknya anda membawa peta. Atau jika anda familiar dengan GPS, gunakan GPS yang ada di smartphone anda sebagai penunjuk jalan. Dan akan lebih baik lagi jika anda mengetahui jalur-jalur alternatif saat mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini sangat bermanfaat jika terjadi kemacetan atau jalanan terganggu pada titik tertentu perjalanan mudik anda.

PENTING!! : Beberapa jam atau 1 hari sebelum berangkat luangkan waktu untuk berfikir, adakah hal yang lupa belum masuk daftar bawa atau belum masuk kesiapan mudik. Oleh-oleh? titipan saudara? pesanan mertua? Jangan sampai di tengah perjalanan baru ingat, atau begitu sampai di tujuan baru sadar. So, tenang, jangan kesusu. :)


Selamat mudik lebaran, semoga selamat sampai tujuan, salam buat keluarga semua ya...



Post a Comment

Previous Post Next Post